3 Mar 2013

Manfaat Durian




Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari Asia tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (King Of Fruit) dan durian adalah buah yang kontroversial. Meskipun banyak yang menyukainya, tapi sebagian orang muak dengan aromanya.

Si raja dari segala buah ini berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan yang berupa tanaman liar.
PenAda puluhan durian yang diakui keunggulannya oleh Menteri Pertanian dan disebarluaskan kepada masyarakat untuk dikembangkan. Macam varietas durian tersebut adalah durian sukun (Jawa Tengah), petruk (Jawa Tengah), sitokong (Betawi), simas (Bogor), suanan (Jepara), otong (Thailand), kani (Thailand), sidodol (Kalimantan Selatan), sijapang (Betawi), dan sihijau (Kalimantan Selatan).

Manfaat durian selain sebagai makanan buah segar dan olahan lainnya, terdapat manfaat dari bagian lainnya, yaitu:

1. Tanamannya sebagai pencegah erosi dilahan-lahan yang miring.

2. Batangnya untuk bahan bangunan/perkakas rumah tangga. Kayu durian setaraf dengan kayu sengon sebab kayunya cenderung lurus.

3. Bijinya yang memiliki kandungan pati cukup tinggi, berpotensi sebagai alternative pengganti makanan (dapat dibuat bubur yang dicampur daging buahnya)

4. Kulit dipakai sebagai bahan abu gosok yang bagus, dengan cara dijemur sampai dan dibakar sampai hancur.

Durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10kali lebih banyak dari pisang. Tapi karena kandungan mineral yang tinggi terutama kalsium dan zat besi dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Si raja buah ini juga tidak boleh dikonsumsi bersama-sama dengan alkohol untuk menghindari stroke bagi yang punya riwayat darah tinggi, namun sangat disarankan untuk minum air yang banyak sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.

Itu semua adalah kehebatan-kehebatan dari si raja segala buah, jadi jangan menyepelein si raja buah berduri yang hebat ini.

0 comment:

Posting Komentar