21 Jun 2013

BeBeeM

BBM? Singkatan dari Bahan Bakar Minyak. Bukan BlackBerry Messenger loh-____- Di Indonesia, harga BBM sering mengalami kenaikan disebabkan alasan pemerintah yang ingin mengurangi subsidi. Tujuannya adalah agar dana yang sebelumnya digunakan untuk subsidi dapat dialihkan untuk hal-hal lain seperti pendidikan dan pembangunan infrastruktur. Mungkin saja disisi lain, kenaikan tersebut sering memicu terjadinya kenaikan pada harga barang-barang lainnya seperti barang konsumen, sembako dan bisa juga tarif listrik sehingga selalu ditentang masyarakat.
       Harga BBM saat ini akan melonjak dari harga biasanya.  Untuk harga premium menjadi Rp 6500/liter dan untuk harga solar menjadi Rp 5500/liter. Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium merupakan BBM untuk kendaraan bermotor yang paling populer di Indonesia. Hanya saja ada banyak kelemahan dari premium, salah satunya adalah masih memiliki kandungan logam berat timbal yang berbahaya bagi kesehatan. 

            Banyak masyarakat berdemo karena ingin pemerintah tidak menaikkan harga BBM. Tetapi ketetapan pemerintah itu wajar. Karena apa? Coba bayangankan, jika harga BBM naik hingga menjadi Rp 10.000/liter seperti harga di negara Singapura, bisa jadi apa rakyat Indonesia nantinya? Harga BBM itu sangatlah wajar, tetapi yang sangat disayangkan adalah kenapa jika harga BBM naik itu sangat berpengaruh pada harga dipasaran? seperti halnya harga telur. Dulu telur perkilo hanya seharga Rp 17.000/kilo, tetapi dengan adanya harga BBM akan naik. Harga telur melonjak menjadi Rp 20.000/kilo. Perbedaannya Rp 3000 sendiri loh-_- 

             Lain halnya dengan orang-orang yang mampu. Mereka seenaknya saja beli ini, beli itu. Tetapi bagaimana dengan rakyat Indonesia yang kehidupannya kurang mampu? Mungkin mereka akan kekurangan makanan. Seharusnya pemerintah menaikkan harga BBMnya sedikit demi sedikit. Mungkin pemerintah dapat menaikkan Harga BBM dengan Rp 500 terlebih dahulu. Dulu memang harga BBM akan naik, tetapi pemerintah tidak jadi menaikkannya. 
             Pada tanggal 17 Juni 2013 kemaren diadakannya rapat untuk menetapkan kenaikan harga BBM. Dan hasilnya harga BBM akan dinaikkan. Tetapi sebelum ditetapkan, pemerintah menunggu pengesahan Undang-undang terlebih dahulu. Pemerintah boleh saja menaikkan harga BBM, tetapi pemerintah juga bisa menyarankan agar harga di pasaran tidak juga ikut naik. 

0 comment:

Posting Komentar